Di India, Harga BBM Sudah Enam Kali Turun

petrolDI tengah hebohnya kenaikan harga BBM di Indonesia, ternyata beberapa negara justru menurunkan harga BBM-nya. Setelah Cina dan Malaysia, kini giliran negara dengan penduduk terpadat kedua didunia, India ikut turunkan harga BBM. Pemerintahan Presiden Modi tampaknya bersandar berat pada perusahaan pemasaran minyak (OMCS) untuk mengurangi harga BBM, sesuai dengan turunnya harga minyak dunia.
Pemerintah India sejak pekan lalu memangkas harga bensin setara pertamax plus hingga Rp.500/liter menjadi Rp.14500, begitupun solar yang turun dengan nilai yang hampir sama per liternya. Penurunan harga BBM di India sudah 6 kali terjadi sejak Agustus 2014.
Saat pemotongan ini dianggap baik untuk inflasi lebih lanjut, namun tidak dalam jangka panjang. Alasannya India masih mengimpor 80 persen minyak mentah, dan setiap penurunan berkelanjutan dalam harga minyak global tidak hanya akan mendorong tagihan impor dan mengacaukan mata uang rupee, tetapi juga merusak keamanan energi jangka panjang India.
Selain itu, pemerintah India juga terus berupaya untuk menyubsidi gas dan minyak tanah, meskipun kedua hal ini dianggap telah melemahkan ekonomi negara. [sm/islampos/www.globalmuslim.web.id]
Peternakan Kelinci Holland Lop Sheno dan Rizky
Jl. Cikadut Dalam (Arah Terminal Cicaheum Bandung) No. 270, RT 6/ RW 3, Mandalajati, Karang Pamulang, Mandalajati, Kota Bandung, Jawa Barat 40273
0819-1050-0571

www.jualkelincihollandlop.info